PERHATIKAN, INILAH 3 KOMPLIKASI KANKER PAYUDARA YANG BISA MERENGGUT NYAWA PENDERITA

peradangan kanker payudara

Sumber gambar hellosehat.com

Komplikasi kanker payudara – kanker payudara, siapa yang tidak kenal dengan jenis kanker yang satu ini? Menurut badan kesehatan dunia; WHO (dikutip dari hellosehat.com), kanker payudara adalah satu dari sekian jenis kanker yang menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia, juga dunia.

Ada jutaan penderita kanker payudara yang sampai saat ini masih berjuang. Perjuangan mereka  tentu tidak mudah. Keterbatasan pengobatan dan penanganan adalah salah satunya. Akan tetapi, di luar daripada itu, penderita tetap dituntut untuk focus pada pengobatan dan kesembuhannya. 

Nah, berbicara mengenai kanker payudara, kita juga akan berbicara mengenai komplikasi yang harus dihadapi oleh penderita. 

Ya, sebagaimana gangguan kesehatan serius lainnya, kanker payudara juga memiliki komplikasi. Beberapa bahkan sangat serius dan bisa merenggut jiwa penderitanya. Lalu, apa saja komplikasi yang dimaksud? Bagaimana tanda dan gejalanya? Mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

MERUSAK STRUKTUR TULANG – KOMPLIKASI KANKER PAYUDARA 

Jika Anda berpendapat bahwa kanker ini hanya menyerang sel payudara saja, Anda salah. Sebab, pada perkembanganya, kanker payudara juga bisa menimbulkan komplikasi serius pada tulang. 

Pada beberapa kondisi sel kanker bisa mengakibatkan pecahnya struktur tulang. Parahnya, struktur yang pecah tersebut tidak membentuk struktur tulang baru. Kondisi tersebut jelas berpengaruh buruk bagi penderita. Paling parah, penderita akan mengalami patah tulang berulang-ulang saat tidak bisa menghindarkan diri antara benda tumpul dengan tulang. 

Salah satu gejala yang bisa dikenali saat sel kanker sudah menyebar ketulang adalah timbul rasa nyeri pada area tulang. Saat kondisi ini terjadi, penting kiranya agar kalian langsung melaporkan kondisi tersebut pada dokter. 

MENIMBULKAN INFEKSI PARU-PARU – KOMPLIKASI KANKER PAYUDARA 

Di samping merambat ke streuktur tulang, sel kanker payudara juga dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru. Pada kondisi terburuk, menurut hellodoc, penderita dapat mengalami infeksi paru-paru. Gejala yang dialami penderita saat infeksi ini timbul adalah munculnya rasa sesak pada area dada, penumukan cairan dalam paru-paru, batuk berkepanjangan, serta timbulnya rasa nyeri di area dada. 

Jika semua gejala tersebut muncul, satu-satunya hal yang harus dilakukan penderita adalah melakukan konsultasi dan penanganan tim medis untuk tindakan lebih lanjut. 

KOMPLIKASI KELENJAR GETAH BENING – KOMPLIKASI KANKER PAYUDARA 

Saat seseorang sudah terkena kanker payudara, mereka harus senantiasa berkonsultasi dan ditangani dengan tim medis. Jika lalai atau perawatannya lambat, hal yang paling mungkin terjadi adalah timbulnya komplikasi di area kelenjar getah bening. 

Ya, seperti yang Anda tahu, kelenjar getah bening adalah bagian tubuh yang sangat rentan terkena komplikasi dari sel kanker ini. 

Kelenjar getah bening sendiri tersebar berbagai area tubuh. Hanya saja, pada kasus ini, ada beberapa kelenjar yang sangat-sangat rentan terkena dampak dari pertumbuhan sel kanker payudara. Kelenjar tersebut umumnya berada di bawah lengan, di dalam payudara, dan di dekat tulang selengka.

Pada beberapa kasus kelenjar getah bening baru akan terdampak apabila kanker sudah mencapai stadium menengah ke atas. Hanya saja, pada kasus-kasus tertentu, kelenjar getah bening sudah terdampak saat sel kanker masih kecil. 

Nah, itulah tadi beberapa komplikasi kanker payudara yang harus Anda ketahui. Komplikasi-komplikasi di atas bisa Anda jadikan acuan untuk menjaga diri Anda tetap sehat dan terhindar dari kanker. 

Tapi di luar itu semua, menjaga kesehatan dan kebugaran dengan pola hidup sehat harus benar-benar dilakukan. Melakukan hal itu akan sangat membantu kalian meminimalisir resiko kanker payudara.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>